Sabtu, 21 Desember 2013

Habis Android Di-root, Mau Diapain? - Roach's Ways

Assalaamu'alaikum wr.wb...!
Ketemu lagi dengan Roach di Epic Share Time!

Kebetulan lagi seneng-senengnya nih ngebahas Android Stuff. Karena HH(handheld) saya sudah diroot dan 'dianu-anuin'. Dan menurut pengalaman saya di lapangan, masih banyak yang bingung - apa yang akan dilakukan setelah nge-root?

Eh salah ding, ini Root dari serial film Person of Interest
Berikut ini adalah hal-hal yang direkomendasikan saya(dan banyak user android) untuk dilakukan setelah melakukan rooting. Do it On Your Own Risk! Mohon didampingi para ahli, jika anda masih awam soal ini :)

1. Berantas habis Bloatware!

Mungkin ada yang bertanya, apa itu Bloatware?

    Bloatware adalah aplikasi-aplikasi dan fitur bawaan yang kurang berguna dan bermanfaat, dan malah bahkan membuat sistem berat. Bloatware memakan RAM, ruang penyimpanan dan prosesor sistem, sehingga android kita terasa lamban atau lag.

    Bloatware nggak mempan sama aplikas-aplikasi seperti task manager dsb. Sekali dihentikan, bakal muncul lagi.

    Ada banyak cara untuk menghentikan scara permanen, atau bahkan menghapus secara kesuluruhan Bloatware tersebut.Seperti pakai Greenify, Titanium Backup(harus yang pro, googling ya!), atau agan hapus sendiri pakai aplikasi file manager seperti Root Explorer atau ES File Explorer(Recommended by saya). Buka /system/apps , cari dan hapus aplikasi-aplikasi yang menurut kalian nggak perlu(bentuknya .apk). Dengan catatan, agan harus tahu mana aplikasi yang bisa diapus, mana juga yang nggak boleh diapus. Sebelum beraksi agan bisa survey di Internet dengan kata kunci,"hape agan bloatware list", Supaya lebih spesifik daftar bloatware yang ada di hape agan


Beberapa aplikasi yang tidak berguna(Bloatware)
 Bagi yang masih bingung bloatwarenya yang mana aja, ada jalan pintas. Lanjutkan saja membaca sampai nomor 3.

2. Pasang Clockworkmod Recovery

Gunanya buat apa sih bro?
    Begini gan, clockworkmod adalah mod populer yang memungkinkan agan untuk backup, restore, format/factory reset, flash OS dsb. Ini kunci agan buat bisa pasang OS android modifikasi orang, atau persiapan sebelum tweaking habis-habisan. Jadi kalau tiba-tiba ada masalah yang nggak bisa difix, tinggal restore aja.
    Gimana cara masangnya? Googling dong gan :)


 3. Pasang Custom ROM

    Custom ROM adalah ROM(mentahan OS) yang sudah diutak-atik oleh modder, seperti fitur yang ditambah/dihilangkan, performa yang ditingkatkan, desain dsb. Bahkan Custom ROM sendiri dibuat lebih bagus dari ROM aslinya(Stock ROM). Nah, Biasanya bloatwarre-bloatware sudah dihilangkan oleh si modder tersebut.
    Kalau agan tertarik untuk mencoba Custom ROM, situs rekomendasi saya untuk hunting ROM-ROM berkualitas adalah XDA developer. Masih kurang puas? Agan bisa cari di facebook grup khusus hape agan. Biasanya ada tips dan trik, beserta ROM hasil modifikasi mereka 

Xperia Ultimate HD 5.0.1 , ROM favorit saya. Khusus pengguna Xperia ray.

4. Pasang Tweak

    Punya hape android dengan spesifikasi bagus, tapi ternyata nggak sebanding sama kenyataannya? Kalau agan males pake custom ROM, agan bisa melakukan tweaking pada Stock ROM agan. Ada banyak cara, tutorial dan aplikasi untuk tweaking hape agan di internet. Tapi, sebelumnya agan harus tahu dulu - mau tweaking di bagian apanya? mau nambahin apa?

Onde2 Blazing Performance, script tweaking buatan Wahyu Andri. Monggo dicoba!

Ada banyak aplikasi untuk tweaking performa seperti Chainfire 3D, CPU tuner(buat overclocking - not recommended!), atau pakai script performa. Cek di XDA developer, atau di forum-forum android terdekat.

5. Pasang game-game keren(opsional: jika agan gamer)

Asphalt 7, sayang memory card saya cuman 2GB, keburu penuh sama yang lain :(

Sistem sudah teroptimasi, lag teratasi, terus? Game jawabannya(kalau agan gamer)! Android adalah media buat ngegame yang populer, melanjutkan generasi-generasi mobile gaming sebelumnya(masih ingat n-gage kan?). Game-gamenya pun nggak kalah keren sama game di PC atau konsol. Dimulai dari yang simpel seperti Temple Run, atau yang HD(high definition) seperti

Asphalt 7 dan FIFA 2014. Gamenya mana? Monggo dicari sendiri gan :P


Nah, baru itu aja gan dari saya. Ada tambahan? Monggo beritahu lewat kolom komengtar.


Sekian dari Roach di artikel Habis Android Di-Root, Mau Diapain? - Roach's Ways
Klitik, Sarang, Komeng, Request dan Komplein harap Dipaksakan!


Wassalaamu'alaikum wr.wb...!


Sumber: XDA developers, Xperia Ray Indonesia, Google

0 komentar:

Posting Komentar